11 Kebiasaan Belajar yang Baik untuk Dikembangkan

Kebiasaan belajar yang baik termasuk menemukan lokasi yang tenang untuk belajar, istirahat, menetapkan tujuan, dan mengikuti tes latihan. Berikut daftar lengkapnya, dan alasan psikologis mengapa mereka berhasil.

Belajar bisa jadi sulit. Kabar baiknya adalah siapa pun dapat mengembangkan kebiasaan belajar yang baik untuk membuat belajar lebih efektif, efisien, dan menyenangkan.

Ingin mengembangkan kebiasaan belajar yang baik? Mulailah dari yang kecil-jangan berharap untuk melakukan semua yang ada dalam daftar ini, setidaknya tidak segera; pilih satu atau dua sebagai gantinya. Penting juga untuk menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai untuk diri Anda sendiri.

Kebiasaan belajar yang baik untuk dikembangkan
Berikut adalah 11 tips untuk meningkatkan kebiasaan belajar Anda:

Temukan tempat yang bagus untuk belajar.

Minimalkan gangguan.

Beristirahatlah.

Beri ruang untuk belajar Anda.

Tetapkan tujuan belajar untuk setiap sesi.

Hadiahi diri Anda sendiri.

Belajar dengan kelompok.

Ikuti tes latihan.

Gunakan kata-katamu sendiri.

Minta bantuan.

Jaga dirimu.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana Anda dapat menerapkan masing-masing kebiasaan ini.

Universitas Michigan
kursus

Ilmu Kesuksesan: Apa yang Diketahui Peneliti yang Harus Anda Ketahui
Kursus yang menarik ini dirancang untuk membantu Anda mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Menggambar pada penelitian ilmiah selama beberapa dekade, Anda akan belajar apa yang paling banyak …

4.8

(2.784 peringkat)

186.717 sudah terdaftar

Tingkat pemula

Waktu rata-rata: 10 jam

Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Keterampilan yang akan Anda bangun:

Personal Branding, Perencanaan, Modal Sosial, Motivasi Diri

  1. Temukan tempat yang bagus untuk belajar.
    Menemukan lokasi yang baik untuk belajar adalah salah satu elemen terpenting untuk belajar dengan baik. Carilah tempat yang tenang dengan gangguan minimal—tempat di mana Anda dapat fokus, dan tidak akan terganggu oleh suara keras atau orang yang terus-menerus menginginkan perhatian Anda.

Sekolah atau perpustakaan umum, kedai kopi, atau sudut rumah Anda yang tenang semuanya bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai.

Haruskah saya tetap pada satu tempat untuk belajar?
Belum tentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sesekali mengubah tempat Anda belajar dapat membantu menyimpan informasi. Ini karena mempelajari materi yang sama di lokasi yang berbeda membantu otak Anda membuat banyak asosiasi dengan materi tersebut, sehingga memudahkan Anda untuk mengingatnya [1]. Akan bermanfaat untuk menemukan tiga atau empat tempat yang Anda sukai untuk dipelajari dan berpindah lokasi saat Anda merasa buntu atau membutuhkan perubahan kecepatan. Yang mengatakan, semua orang berbeda. Temukan apa yang paling cocok untuk Anda.

  1. Minimalkan gangguan.
    Memilih lokasi yang baik untuk belajar bisa menjadi langkah awal untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda. Tetapi ada banyak jenis gangguan yang dapat menjangkau Anda di mana pun Anda memilih untuk bekerja. Berikut adalah beberapa tips untuk meminimalkan gangguan ini:

Matikan wifi Anda: Jika Anda menggunakan komputer dan tidak memerlukan wifi, coba matikan. Ini dapat mencegah Anda berkeliaran secara tidak sengaja ke bagian internet yang mengganggu.

Perhatikan ponsel Anda: Bukan rahasia lagi bahwa ponsel cerdas kita bisa sangat mengganggu. Mematikan notifikasi, menjauhkan ponsel dari pandangan di tas, atau memberikannya kepada teman agar Anda tidak terlalu sering memeriksanya dapat membantu Anda tetap fokus. Anda juga dapat mencoba aplikasi fokus, seperti Forest atau Focus To-Do, yang dapat memblokir aplikasi yang mengganggu dan menyetel pengatur waktu untuk sesi belajar.

Belajar dengan seorang teman: Terkadang belajar dengan satu atau dua teman, baik Anda mengerjakan materi yang sama atau tidak, dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab dan fokus. Pastikan Anda masing-masing berada di halaman yang sama tentang belajar dan menjaga satu sama lain bebas gangguan, setidaknya sampai tiba waktunya untuk istirahat.

Haruskah saya mendengarkan musik saat saya belajar?
Mendengarkan musik sambil belajar memiliki beberapa manfaat; itu dapat meningkatkan suasana hati Anda dan menenangkan kecemasan atau stres. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa pemahaman bacaan cenderung menurun ketika musiknya terlalu keras, cepat, atau berisi lirik [2]. Tetap dengan lagu-lagu yang menenangkan dan tanpa kata-kata saat belajar, dan simpan angka-angka optimis untuk istirahat.

  1. Beristirahatlah.
    Istirahat yang disengaja telah dikaitkan dengan retensi yang lebih baik, peningkatan perhatian, dan peningkatan energi. Penelitian menunjukkan bahwa bekerja selama sekitar 50 menit, kemudian istirahat selama 15 hingga 20 menit, dapat menghasilkan produktivitas yang optimal [3]. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memberi diri Anda istirahat:

Jalan-jalan sebentar

Dengarkan lagu yang meningkatkan suasana hati

Bersantai bersama teman

Peregangan

Meditasi

Zona keluar dan lamunan

Makan camilan

Mandi

Bersihkan meja atau kamar Anda

Tidak semua jeda dibuat sama. Memeriksa ponsel atau media sosial Anda saat istirahat belajar sebenarnya telah dikaitkan dengan penurunan kinerja [4].

Coursera Plus
Bangun keterampilan siap kerja dengan berlangganan Coursera Plus
Dapatkan akses ke lebih dari 7.000 program pembelajaran dari universitas dan perusahaan kelas dunia, termasuk Google, Yale, Salesforce, dan banyak lagi
Cobalah berbagai kursus dan temukan yang paling cocok untuk Anda tanpa biaya tambahan
Dapatkan sertifikat untuk program pembelajaran yang Anda selesaikan
Harga berlangganan $59 / bulan, batalkan kapan saja

  1. Beri ruang untuk belajar Anda.
    Menjejalkan masih dapat membantu Anda mendapatkan nilai bagus dalam ujian, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan besar Anda akan melupakan informasi tersebut segera setelah ujian selesai. Benar-benar berpegang pada materi yang Anda pelajari (dan membuat musim ujian tidak terlalu menegangkan) membutuhkan sesi belajar yang konsisten dan dengan jarak yang baik.

Alih-alih menyimpan pelajaran Anda sebelum ujian, tinjau kembali materi yang Anda pelajari seminggu sekali. Jika Anda belajar untuk ujian, batasi waktu belajar Anda hingga beberapa minggu (atau bahkan berbulan-bulan, tergantung ujiannya) menjelang hari ujian. Ini dapat membantu Anda menyimpan informasi dalam jangka panjang.

Solusi Pengajaran Mendalam
kursus

Mempelajari Cara Belajar: Alat mental yang ampuh untuk membantu Anda menguasai mata pelajaran yang sulit
Kursus ini memberi Anda akses mudah ke teknik pembelajaran tak ternilai yang digunakan oleh para ahli di bidang seni, musik, sastra, matematika, sains, olahraga, dan banyak lainnya …

4.8

(peringkat 89,811)

3.871.173 sudah terdaftar

Tingkat pemula

Waktu rata-rata: 15 jam

Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Keterampilan yang akan Anda bangun:

Persiapan Ujian, Belajar Belajar, Teknik Pomodoro, Meta Learning

  1. Tetapkan tujuan belajar untuk setiap sesi.
    Tetapkan tujuan belajar untuk setiap sesi belajar yang Anda miliki. Ini bisa berbasis waktu atau berbasis konten. Misalnya, Anda mungkin ingin belajar selama dua jam, atau meninjau tiga bab dari buku teks Anda—atau keduanya.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika Anda tidak berhasil sebanyak yang Anda rencanakan; terkadang belajar bisa memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Terus istirahat dengan jarak yang cukup, dan jadwalkan sesi belajar lainnya.

  1. Hadiahi diri Anda sendiri.
    Menghadiahi diri sendiri dengan camilan – “menyuap” diri sendiri – telah dikaitkan dengan pengendalian diri yang lebih baik, dan dapat membantu dalam membentuk kebiasaan baik [5]. Mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda akan mendapatkan hadiah kecil jika Anda menyelesaikan bagian yang ingin Anda lalui, atau mungkin hadiah yang lebih besar jika Anda memiliki hari belajar yang produktif, dapat menjadi motivasi yang baik untuk mencapai tujuan Anda.

Hadiah kecil bisa berupa permen, minuman panas dari kedai kopi favorit Anda, permainan cepat pilihan Anda, atau episode singkat acara TV. Imbalan yang lebih besar untuk hari yang panjang belajar atau menyelesaikan ujian dapat mencakup mendapatkan makanan favorit Anda, menghabiskan waktu bersantai dengan teman-teman, atau meluangkan waktu untuk aktivitas favorit Anda.

Dapatkan Gelar Anda

Anda Saat Ini berada di slide 1

  1. Belajar dengan kelompok.
    Ada beberapa manfaat membentuk kelompok belajar. Anggota kelompok dapat saling membantu mengatasi masalah yang sulit, memberikan dorongan, meminta pertanggungjawaban satu sama lain untuk tujuan belajar, memberikan perspektif yang berbeda, dan membuat belajar lebih menyenangkan. Bahkan menjelaskan konsep yang sulit kepada orang lain dapat membantu pemahaman dan retensi.

Jika Anda memiliki sesi belajar kelompok, tetapkan tujuan yang akan dicapai kelompok dan istirahatlah secara berkala seperti Anda belajar sendiri.

  1. Ikuti tes latihan.
    Tes dan tes latihan telah lama dipandang sebagai alat yang berguna untuk membantu siswa mempelajari dan menyimpan informasi. Selain mengungkapkan kesenjangan dalam pengetahuan dan mengurangi kecemasan ujian, diuji membuat kita mengambil informasi dari ingatan-cara yang kuat dan didukung studi untuk menyimpan informasi yang telah kita pelajari [6].

Tidak ada ujian praktek? Ada beberapa cara Anda dapat “menguji” diri sendiri dan mendapatkan manfaat yang sama. Coba metode berikut:

Buat kartu flash

Tulis pertanyaan Anda sendiri

Cari soal latihan secara online

Memiliki teman kuis Anda

Universitas McMaster
kursus

Mindshift: Menerobos Rintangan untuk Belajar dan Menemukan Potensi Tersembunyi Anda
Mindshift dirancang untuk membantu meningkatkan karier dan kehidupan Anda di lingkungan belajar yang serba cepat saat ini. Apa pun usia atau panggung Anda, Mindshift mengajari Anda …

4.8

(12.784 peringkat)

470.053 sudah terdaftar

Tingkat pemula

Waktu rata-rata: 10 jam

Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Keterampilan yang akan Anda bangun:

Belajar untuk Belajar, Belajar Sepanjang Hayat, Teknik Pomodoro, Meta Learning

  1. Gunakan kata-katamu sendiri.
    Mengekspresikan ide dengan kata-kata Anda sendiri meningkatkan pemahaman Anda tentang suatu subjek dan membantu otak Anda bergantung pada informasi. Setelah Anda membaca satu bagian teks, rangkum poin-poin penting dengan parafrase.
  2. Minta bantuan.
    Anda mungkin menemukan diri Anda terjebak pada suatu masalah atau tidak dapat memahami penjelasannya di buku teks. Seseorang yang dapat membahas masalah ini dengan Anda dapat memberikan penjelasan baru yang Anda butuhkan. Dekati guru atau profesor, asisten pengajar, teman, atau anggota kelompok belajar Anda untuk mengetahui cara-cara baru untuk memahami apa yang membuat Anda terjebak. Merasa seperti Anda bisa mendapatkan keuntungan dari dilatih melalui suatu mata pelajaran? Pertimbangkan untuk mencari tutor.

Dan jangan lupa segudang alat online yang mungkin siap membantu Anda, seperti Khan Academy. Pencarian cepat melalui Google atau YouTube juga dapat memunculkan artikel atau video bermanfaat tentang subjek yang ingin Anda pahami.

  1. Jaga dirimu.
    Pada akhirnya, otak Anda adalah organ dalam tubuh Anda-rawatlah dengan menjaga diri sendiri. Berolahraga secara teratur, makan dengan baik, jangan minum berlebihan, tidur nyenyak, dan jaga kesehatan mental Anda.

Tidur: Penelitian telah mengaitkan kurang tidur dengan penurunan fungsi kognitif, termasuk berkurangnya rentang perhatian dan kinerja tes yang lebih buruk [7]. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda, tetapi orang biasanya membutuhkan antara tujuh dan delapan setengah jam tidur setiap malam. Plus, tidur lebih banyak dapat membuat Anda lebih bahagia dan bermanfaat bagi kehidupan sosial Anda.

Makanan: Cobalah untuk memasukkan lebih banyak buah, sayuran, sumber protein nabati, kacang-kacangan, dan minyak tak jenuh seperti minyak zaitun ke dalam makanan Anda, yang semuanya telah dikaitkan dengan kinerja kognitif yang lebih baik [8].

Universitas Stanford
kursus

Stanford Pengantar Makanan dan Kesehatan
Di seluruh dunia, kita menghadapi epidemi obesitas global, Diabetes Tipe 2, dan penyakit terkait diet lainnya. Untuk mengatasi ini …

4.7

(31.876 peringkat)

941.888 sudah terdaftar

Tingkat pemula

Waktu rata-rata: 6 jam

Belajar dengan kecepatan Anda sendiri

Keterampilan yang akan Anda bangun:

Informatika Kesehatan, Nutrisi, Keamanan Pangan, Ilmu Pangan

Olahraga: Olahraga membawa oksigen ke bagian otak yang bertanggung jawab untuk berpikir, mendorong perkembangan sel saraf baru, dan meningkatkan koneksi sel otak [8]. Hal ini membuat otak menjadi lebih neuroplastik dan efisien-ditambah lagi membawa sejumlah manfaat kesehatan lainnya, seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi tekanan mental, dan mengontrol berat badan.

Kesehatan mental: Kesehatan mental penting karena membantu kita mengatasi stres, meningkatkan hubungan kita dengan orang lain, memungkinkan kita untuk hidup lebih bermakna, dan menjadi lebih produktif dalam pekerjaan kita. Berolahraga, makan dengan baik, dan tidur nyenyak masing-masing dapat meningkatkan kesehatan mental kita. Tetapi ada cara lain untuk memperkuat kekuatan mental, seperti berhubungan dengan orang lain, mempraktikkan rasa syukur, bermeditasi, dan mengembangkan rasa makna dalam hidup [9].