Pendidikan Anak Usia Dini dan Ilmu Membaca

Seperti Apa Ilmu Membaca dalam Pendidikan Anak Usia Dini?
Ilmu membaca dapat memandu cara mengajar membaca untuk anak-anak prasekolah. Dalam artikel ini, kita akan mendefinisikan ilmu membaca dan melihat beberapa strategi praktis berbasis penelitian yang mendukung tahap awal perkembangan membaca. Plus, akses aktivitas dan sumber daya untuk mendukung instruksi membaca sistematis di prekindergarten.

Apa Arti Ilmu Membaca bagi Anak Prasekolah
Ketika Anda memikirkan ruang kelas anak usia dini, gambaran apa yang muncul di benak Anda? Mungkin melukis jari, bermain di kotak pasir, atau menyanyikan lagu anak-anak yang dicintai. Seperti apa ilmu membaca di kelas ini? Jika Anda khawatir bahwa ilmu membaca berarti instruksi membaca “didorong ke bawah” ke prasekolah dan instruksi hafalan akan menggantikan gambaran-gambaran yang disayangi itu, lepaskan kekhawatiran itu. Ilmu membaca sangat cocok dengan cat jari, kotak pasir, dan lagu anak-anak!

Anak usia dini adalah waktu yang sakral untuk belajar. Para ilmuwan memperkirakan bahwa lebih dari satu juta koneksi saraf baru terbentuk setiap detik dalam beberapa tahun pertama kehidupan. Membangun hubungan, menavigasi perasaan, dan mengembangkan kecintaan belajar sangat penting selama tahun-tahun awal ini. Ini juga merupakan waktu yang optimal untuk menciptakan fondasi yang kuat dari keterampilan literasi awal.

Apa itu Ilmu Membaca?
Ilmu membaca telah menjadi topik hangat dalam pengajaran literasi. Kadang-kadang rasanya seperti ada pahlawan dan penjahat, praktik baik dan jahat. Namun ilmu membaca bukanlah sebuah kontroversi. Ini adalah kumpulan penelitian dan pengetahuan tentang bagaimana siswa belajar membaca. Melalui penelitian selama beberapa dekade di seluruh dunia, kami memiliki bukti tentang apa yang berhasil saat mengajar anak-anak membaca.

Tali Bacaan Scarborough
Ilmu membaca kadang-kadang dikritik karena terlalu fokus pada fonik. Tetapi ilmu membaca tidak pernah hanya tentang fonik. Pada tahun 2001, Hollis Scarborough mempersembahkan tali baca untuk menunjukkan kemampuan membaca yang lancar. Seperti yang Anda lihat, ada banyak keterampilan yang dijalin bersama untuk menciptakan pembaca yang terampil. Pemahaman bahasa dan pengenalan kata keduanya tidak terpisahkan.

Ilmu membaca juga membutuhkan instruksi membaca sistematis yang selaras dengan ruang lingkup dan urutannya. Beberapa orang salah mengartikan istilah-istilah ini sebagai pengajaran yang membosankan dan bergaya ceramah-kebalikan dari apa yang ingin kita lihat di kelas anak usia dini! Ini hanya berarti guru harus memahami tahapan perkembangan membaca dan memperkenalkan keterampilan ini dengan cermat dan sengaja.

Memanfaatkan Ilmu Membaca Sebelum Taman Kanak-kanak
Banyak anak tidak bersekolah formal sebelum taman kanak-kanak, tetapi bukan berarti praktik yang berakar pada ilmu membaca tidak boleh dilakukan. Instruksi dapat terjadi di lingkungan apa pun, termasuk di rumah. Ketika pengasuh menanamkan aktivitas ke dalam permainan dan rutinitas, mereka menetapkan dasar untuk membaca. Misalnya, saat menunggu bus, mainkan twist ini pada permainan klasik “I Spy”: alih-alih memberikan petunjuk, ucapkan bunyi dalam kata tersebut dan mintalah siswa berbaur. “Saya memata-matai a/ b / / ir / / d/.”

Guru dan pengasuh anak usia dini harus fokus pada paparan konsep literasi dan mengembangkan kesadaran fonologis. Sangat penting bagi anak-anak untuk mendengar suara dalam kata-kata dan tidak langsung membaca hasil decoding. Dengan berfokus pada blok bangunan ini, guru dapat mempersiapkan siswa untuk sukses membaca di taman kanak-kanak.

Membangun Pengetahuan Konten pada Anak Usia Dini
Guru taman kanak-kanak mengharapkan banyak siswa dengan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang berbeda. Mereka akan sering menerapkan penilaian awal tahun untuk mengukur keterampilan siswa dan merencanakan instruksi yang sesuai. Peran pendidik PAUD bukan untuk “menekan” keterampilan membaca dan fonik taman kanak-kanak. Sebaliknya, ilmu membaca pada anak usia dini adalah tentang memanfaatkan penelitian dan pengetahuan yang kita miliki tentang bagaimana anak-anak belajar membaca untuk mendukung anak-anak prasekolah dalam membangun pengetahuan konten tentang dunia dan meletakkan dasar untuk pengenalan kata.

tcm_authblog_el_chu_whatdoesscienceadmeanearlychildhood-560×520-2

Topik Dunia Nyata
Siswa harus mempelajari fakta, konsep, dan kosa kata yang terkait dengan topik dunia nyata yang menarik. Langit batasnya di sini, tetapi bayangkan beberapa topik anak usia dini favorit Anda:

lima indera
komunitas kami
transportasi
hewan
tanaman
Semua topik ini memiliki potensi yang sangat besar bagi siswa untuk mempelajari sesuatu yang baru, menjalin hubungan, dan melakukan aktivitas langsung.

Siswa dapat membangun pengetahuan konten melalui membaca buku fiksi dan nonfiksi. Saat membaca, guru dapat melibatkan siswa melalui:

mengajukan pertanyaan pemahaman
mengajarkan kosa kata dan memberi contoh
terhubung dengan pengetahuan dan pengalaman siswa sebelumnya
menggunakan bacaan berulang untuk memperdalam pengetahuan

Eksplorasi Langsung
Eksplorasi langsung dapat lebih membangun pengetahuan konten. Misalnya, dalam satu unit tentang tumbuhan, siswa dapat membaca buku tentang tumbuhan dan mempelajari kata-kata benih, akar, dan batang. Nantinya, siswa bisa mengotori tangannya dengan menanam benih di tanah dan berdiskusi tentang tanaman apa yang perlu ditanam. Mereka dapat melakukan pengamatan selama beberapa minggu ke depan dengan menggambar dan menulis di jurnal. Mereka dapat mereferensikan buku-buku yang telah mereka baca bersama dan menemukan persamaan dan perbedaan antara contoh-contoh dalam buku tersebut dan pengamatan mereka sendiri.

Melalui semua eksplorasi ini, siswa membangun pengetahuan dasar yang penting untuk membaca yang terampil. Semua pengetahuan dan kosa kata ini menjadi panggung bagi anak-anak untuk kemudian belajar tentang topik yang lebih kompleks seperti perkecambahan dan fotosintesis.

Meletakkan Dasar untuk Pengenalan Kata
Ilmu membaca memberi tahu kita bahwa siswa membutuhkan kesadaran fonologis dan keterampilan memecahkan kode untuk menjadi pembaca yang terampil. Anak usia dini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengembangkan keterampilan ini. Guru harus memperkenalkan keterampilan dan meminta siswa mempraktikkannya melalui kegiatan yang menyenangkan dan kolaboratif.

Kesadaran Fonologis
Kesadaran fonologis meliputi memperhatikan, mengenali, dan memanipulasi bunyi-bunyian bahasa lisan. Saya suka menganggapnya sebagai bermain dengan kata-kata dan suara. Cara apa yang lebih baik untuk melibatkan pelajar muda! Contoh keterampilan kesadaran fonologis meliputi:

mengidentifikasi dan menghasilkan kata-kata berima
mengelompokkan kalimat menjadi kata-kata
memadukan suku kata menjadi kata-kata
mengidentifikasi bunyi awal, tengah, dan akhir dalam kata-kata
Guru harus mengikuti ruang lingkup dan urutan yang memandu mereka dalam urutan apa untuk mengajarkan keterampilan ini. Misalnya, sebagian besar siswa menguasai pengidentifikasian rima sebelum menghasilkan rima. Siswa kemungkinan akan dapat memadukan suku kata untuk membuat sebuah kata (yaitu, cup + cake = cupcake) sebelum mereka dapat memadukan suara untuk membuat sebuah kata (yaitu, /c/ /a/ /t/ = cat).

Bagaimana guru dapat membuat kesadaran fonologis menjadi menyenangkan? Berikut adalah beberapa ide untuk memulai.

Pencampuran

Tebak kata saya: Tempatkan beberapa gambar di papan tulis. Ucapkan bunyi dalam sebuah kata dan mintalah siswa “menebak” kata tersebut dengan memadukan bunyinya. Seorang siswa dapat muncul dan melingkari gambar yang sesuai.

Segmentasi

Bergerak seperti binatang: Pilih hewan dan gerakannya (mis., melompat seperti katak, menginjak seperti gajah). Ucapkan sepatah kata. Mintalah siswa mengulang kata dan membaginya menjadi suku kata. Lakukan gerakan untuk setiap suku kata. (Ini juga bisa menjadi kata untuk fonem.)

Mengidentifikasi aliterasi

Mainkan permainan memori. Buat kartu gambar-kata dengan kosakata terkait tema. Siswa membalik dua kartu sekaligus. Jika mereka memiliki suara awal yang sama (yaitu, biji, batang), itu cocok! Siswa dapat menyimpan kartu-kartu itu.

Keterampilan Decoding
Siswa dapat mulai mempelajari nama huruf dan bunyinya yang paling umum di prasekolah. Anak-anak kecil sangat ingin dan bersemangat untuk mulai memahami cetakan. Mereka menjadi sangat bersemangat ketika melihat surat yang mereka kenal di dunia.

Decoding melibatkan penggunaan pengetahuan huruf-suara untuk membaca kata-kata tertulis dengan benar. Decoding membutuhkan pengetahuan tentang:

prinsip abjad: memahami bahwa huruf mewakili bunyi
korespondensi huruf-bunyi: hubungan antara huruf cetak dan bunyi
Sekali lagi, ilmu membaca memberi tahu kita bahwa huruf harus diajarkan secara sistematis. Namun, tidak ada urutan yang disepakati secara universal untuk mengajarkan huruf-huruf tersebut. Mengikuti ruang lingkup dan urutan berbasis penelitian memastikan guru mengajarkan setiap huruf dan memberikan banyak kesempatan untuk mempraktikkan huruf dan suara yang dipelajari.

Berikut adalah beberapa ide untuk membuat huruf menjadi menyenangkan di kelas prasekolah.

Identifikasi huruf dan bunyi

Letter bingo: Buat papan bingo dengan huruf yang ditargetkan. Mainkan bingo dengan memanggil huruf atau suara.
Pencocokan huruf: Mintalah siswa mencocokkan huruf besar dan kecil. Hubungkan ke tema dengan mencocokkan huruf pada roda mobil atau bus untuk tema transportasi, misalnya.
Formasi surat

Sky writing: Mintalah siswa menulis surat dengan tangan mereka. Melibatkan otot-otot besar membantu melakukan pembentukan huruf yang benar ke dalam ingatan. Siswa dapat membuat huruf itu berbunyi secara lisan saat mereka menulis.
Surat multi-indera: Mintalah siswa membuat surat dengan pasir, krim cukur, tanah liat, cat, atau bahan lain yang disukai siswa.
Ilmu membaca ada di ruang kelas prasekolah. Dengan memanfaatkan penelitian ini, para guru dapat memanfaatkan tahun-tahun awal yang penting tersebut untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan berdampak. Mereka dapat membangun pengetahuan konten yang kaya melalui topik yang menyenangkan. Mereka dapat mengajarkan keterampilan pengenalan kata untuk menumbuhkan pembaca yang kuat. Dan mereka dapat melakukan semuanya sambil melukis jari, bermain di kotak pasir, dan berbagi lagu anak-anak!