10 tips cara belajar yang efektif

Cara belajar yang efektif
Apakah Anda pernah merasa kebiasaan belajar Anda tidak seperti yang seharusnya? Apakah Anda mengalami masalah dalam mempertahankan informasi yang Anda pelajari di kelas, atau merasa jadwal belajar Anda saat ini tidak sesuai untuk Anda?

Jangan khawatir – tidak semuanya hilang! Meskipun tidak ada pendekatan ‘satu ukuran untuk semua’ dalam hal belajar secara efektif, ada banyak trik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan daya ingat, fokus, dan daya ingat jangka panjang Anda. Tapi jangan lupa: setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Cara terbaik untuk belajar untuk Anda mungkin terlihat berbeda dengan metode yang digunakan oleh teman, atau orang lain dalam kursus Anda.

Anda mungkin sudah berada di jalur yang benar untuk belajar dengan sukses dan hanya akan mendapat manfaat dari beberapa penyesuaian di sana-sini, tetapi apakah Anda mendekati akhir sekolah menengah atau di tengah-tengah gelar uni, kami dapat membantu dengan tips praktis ini.

Dan jika Anda seorang mahasiswa VU, kami dapat membantu Anda mencapai potensi penuh Anda dengan mengembangkan kepercayaan diri, kemampuan akademik, dan keterampilan belajar Anda. Dengan dukungan kami, Anda dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk unggul di universitas.

Berikut adalah tip utama kami untuk membantu Anda belajar secara efektif-ikuti ini dan ikuti ujian Anda berikutnya!

  1. Terorganisir
    Terkadang langkah yang paling efektif juga yang paling sederhana. Anda mungkin menemukan beberapa peretasan sederhana akan membuat Anda siap dengan baik dan membuat belajar jauh lebih mudah.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mengatur diri sendiri dan menghancurkan tujuan belajar tersebut:

investasikan dalam buku harian, dan gunakan untuk mengendalikan kalender Anda dan melacak tenggat waktu penugasan saat ini
bawalah semua materi dan perangkat yang Anda butuhkan ke kelas, sehingga Anda dapat berpartisipasi. Anda mungkin merasa terbantu untuk mengemas tas Anda dan menyiapkan makanan apa pun pada malam sebelumnya, jadi Anda siap untuk berangkat pagi-pagi sekali.
buat jadwal belajar yang memecah revisi Anda menjadi beberapa bagian yang dapat dikelola. Jika Anda sedang dalam waktu ujian, merencanakan sesi belajar yang singkat dan terfokus seputar ujian membantu mengurangi stres dan membuat Anda tetap pada jalurnya.

  1. Jangan bolos kelas!
    Melewatkan kelas benar-benar dapat merusak kemajuan Anda dan merusak pembelajaran Anda – dan karenanya mencapai tujuan belajar Anda. Baik Anda di sekolah menengah atau universitas, penting untuk tidak terjebak dalam perangkap membolos kelas Anda. Ini meninggalkan lubang menganga di catatan Anda, dan kesenjangan yang lebih besar dalam pengetahuan subjek Anda.

Di Victoria University, Model Blok VU kami dirancang untuk memberi Anda lebih banyak waktu untuk bekerja, bertemu keluarga dan teman, melakukan hobi, pergi ke gym, dan memenuhi komitmen lainnya.

Daripada menyulap empat mata pelajaran sekaligus, Anda akan berkonsentrasi pada satu unit (mata pelajaran) selama periode ‘blok’ empat minggu. Anda akan menghadiri kelas bergaya lokakarya selama tiga jam, tiga kali seminggu.

Sisa waktu Anda dapat digunakan untuk belajar, bekerja – bersosialisasi-apa pun yang paling penting bagi Anda.

Ini sedikit berbeda dengan belajar di sekolah menengah, tetapi dengan model yang fleksibel ini, Anda dapat tetap melanjutkan studi sambil tetap menjalani hidup Anda. Anda tidak perlu melewatkan apa pun!

Daniel Hall, mahasiswa Politeknik Universitas Victoria
Mencapai keberhasilan belajar di VU
Berjuang dengan studi? Daniel khawatir memulai uni setelah lulus SMA lebih awal. Tetapi dengan jalur kami yang fleksibel dan lingkungan yang mendukung, dia menemukan pijakannya – dan dia sekarang berkembang pesat dalam gelar Sarjana Ilmu Biomedis. Baca tentang bagaimana dia menemukan pengalaman belajar yang berhasil untuknya di VU.
Baca kisah Daniel

  1. Buat catatan
    Berikut tip studi teratas: Berlatihlah mendengarkan secara aktif. Di sinilah Anda fokus pada apa yang dikatakan guru Anda di kelas dan membuat catatan sesuai kebutuhan.

Mendengarkan secara aktif akan membuat Anda tetap terlibat selama kelas-plus Anda dapat merujuk ke catatan ini nanti, saat Anda semakin menyempurnakan teknik belajar Anda, baik di sekolah menengah atau uni.

Ini membantu menyimpan informasi penting dalam memori jangka panjang Anda. Selain itu, catatan ini akan sangat membantu untuk dirujuk saat Anda menyelesaikan penilaian dan tugas.

Anda mungkin merasa berguna untuk menyingkat catatan Anda setelah kelas, sehingga jelas dan mudah dibaca. Garis bawahi atau sorot poin-poin penting. Jika ada yang tidak masuk akal, Anda dapat meminta klarifikasi dari guru Anda.

Untuk lebih memperkuat pengetahuan ini ke dalam otak Anda, Anda dapat membuat alat bantu visual seperti diagram alir dan peta pikiran untuk membantu menyederhanakan informasi. Bagi sebagian siswa, alat bantu visual ini membantu mereka mengingat informasi yang kompleks dan karenanya, belajar dengan lebih efektif.

Jika Anda melewatkan kelas (atau mendapati diri Anda melamun – jangan khawatir, itu terjadi!), tanyakan kepada teman belajar atau teman sekelas apakah Anda dapat merujuk ke catatan mereka. Ini akan memastikan tidak ada celah dalam pencatatan Anda sendiri.

  1. Bicaralah dengan guru Anda & ajukan pertanyaan
    Guru Anda, di satu sisi, adalah sumber daya yang ada untuk digunakan! Peras sebanyak mungkin guru Kelas 12 Anda sebelum periode revisi Anda di rumah dimulai – mereka tidak akan ada di sana selamanya.

Dan di uni, Model Blok VU allows Karena Anda akan belajar di kelas bergaya lokakarya daripada di ruang kuliah raksasa, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengenal guru Anda.

Anda dapat memanfaatkan lingkungan belajar interaktif ini dengan mengajukan pertanyaan selama atau setelah kelas, di mana Anda bisa mendapatkan umpan balik langsung.

Guru dapat menjelaskan lebih lanjut topik apa pun yang menurut Anda membingungkan. Anda bahkan mungkin bisa mendapatkan arahan lebih lanjut tentang tugas sebelum mengirimkan.

Guru Anda pasti akan terkesan dengan inisiatif Anda, dan dengan senang hati membantu.

  1. Beri ruang untuk belajar Anda
    Salah satu cara belajar yang paling efektif adalah mengukir ruang di antara sesi.

Jika Anda membagi beban belajar Anda selama beberapa hari, Anda akan menyimpan informasi jauh lebih mudah daripada jika Anda memasukkannya ke dalam kepala Anda selama satu sesi yang panjang.

Ini dapat membantu menyerap informasi secara mendalam, membiarkannya meresap dan memungkinkan Anda menyimpannya untuk jangka panjang.

Anda akan menemukan bahwa Anda mencapai hasil yang jauh lebih baik untuk itu.

Model Blok VU Kami explained
Model Blok VU kami explained
Temukan bagaimana Model Blok VU pemenang penghargaan kami®
Cari tahu lebih lanjut

  1. Buat rencana studi – & patuhi itu
    Tip belajar teratas lainnya adalah membuat jadwal atau rencana.

Ini sangat membantu untuk manajemen waktu dan dapat membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran Anda.

Sebuah rencana studi akan:

memotivasi Anda untuk belajar, karena Anda akan memiliki waktu yang didedikasikan untuk belajar
buat Anda tetap teratur seputar pekerjaan, hobi, dan komitmen lainnya, karena Anda dapat merencanakan ke depan
bagilah beban belajar Anda menjadi beberapa blok yang dapat dikelola
beri Anda waktu untuk menyelesaikan tugas atau SAC Anda, memastikan tugas tersebut tidak terburu-buru dan dikirimkan pada menit-menit terakhir.
Apakah belajar di universitas sangat berbeda dengan belajar di sekolah menengah?
Perbedaan utama antara belajar di universitas dan belajar di sekolah menengah berkisar pada akuntabilitas dan otonomi.

Guru sekolah menengah lebih cenderung mengejar pekerjaan yang luar biasa. Saat Anda belajar di universitas, kewajiban Anda adalah menyelesaikan pekerjaan dan menyerahkan tepat waktu.

Di sekolah menengah, Anda memiliki periode waktu terkunci, yang berkisar pada studi, seperti periode ‘bebas’. Anda juga memiliki pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan sepulang sekolah atau selama akhir pekan.

Kehidupan universitas membawa lebih banyak kebebasan, memungkinkan Anda merencanakan hari Anda. Anda dapat secara mandiri memilih kapan Anda ingin belajar, seputar komitmen seperti kelas dan pekerjaan, olahraga, dan aktivitas sosial apa pun.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa jadwal belajar sangat membantu. Baca lebih lanjut tentang cara membuat rencana studi yang efektif.

  1. Jangan hanya membaca ulang catatan Anda
    Ulangi setelah kita. Membaca bukanlah belajar.

Saat Anda membaca dan membaca ulang teks dan catatan, Anda tidak benar-benar ‘belajar’, dan mungkin merasa sulit untuk menyimpan informasi. Ini karena Anda tidak terlibat secara aktif dengan materi tersebut.

Alih-alih membaca, cobalah:

membuat peta konsep dan diagram
menjelaskan konsep dengan lantang kepada diri sendiri langkah demi langkah
merumuskan pertanyaan dan masalah yang dapat Anda pecahkan kembali, secara efektif membuat kuis pop untuk diri Anda sendiri
memenuhi peran guru atau tutor untuk kelompok belajar atau pasangan Anda, dan mempelajari materi kursus dengan menjelaskan konsep kepada mereka.
Siswa VU bersantai bersama di ruang belajar.

  1. Siapkan ruang belajar yang tenang
    Penting untuk memiliki area belajar khusus yang bebas dari gangguan sehingga memungkinkan Anda untuk belajar secara efektif.

Ketika Anda menetap di area studi Anda, Anda akan tahu bahwa Anda ada di sana untuk belajar. Perubahan pola pikir ini akan membantu motivasi Anda secara keseluruhan untuk belajar.

Pilih ruang belajar yang tenang, cukup terang, dan di area dengan kebisingan dan lalu lintas rendah. Jangan, katakanlah, belajar di meja makan ketika Anda akan terus-menerus terganggu oleh saudara kandung, anggota keluarga, atau teman serumah yang keluar masuk dapur!

Jika tidak ada tempat yang cocok untuk belajar di rumah, cobalah perpustakaan setempat atau universitas Anda. Perpustakaan secara alami sepi dan banyak yang telah menetapkan area untuk belajar. Universitas Victoria memiliki beberapa perpustakaan di seluruh kampusnya. Periksa jam buka untuk menemukan waktu yang cocok untuk Anda.

Anda juga dapat mencoba lounge siswa dan ruang belajar VU.

Anda mungkin menemukan ada waktu tertentu dalam sehari di mana Anda lebih cenderung untuk beralih dan fokus. Bagi sebagian orang, ini adalah hal pertama di pagi hari. Mereka yang lebih cenderung pada kecenderungan night owl akan menemukan bahwa mereka berkembang di malam hari. Jika Anda tidak yakin, bereksperimenlah dan lihat jam berapa yang paling cocok untuk Anda.

Bagi banyak siswa, gangguan terbesar adalah ponsel mereka. Anda mungkin merasa terbantu untuk mengalihkan ponsel Anda ke mode senyap – atau bahkan nonaktif-selama sesi belajar Anda. Jika Anda belajar untuk lulus ujian akhir sekolah, jangan lupa Anda akan menghabiskan seluruh musim panas untuk Snapchat!

Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti Freedom atau FocusMe untuk memblokir aplikasi yang tidak penting dari ponsel Anda, saat Anda mencoba belajar.

  1. Uji diri Anda sendiri
    Mengajak seseorang untuk menanyai Anda-atau menanyai diri sendiri – adalah praktik pengambilan yang bagus. Teknik pembelajaran ini membantu Anda memasukkan informasi ke dalam memori jangka panjang Anda, dan mengambilnya dengan mudah sesuai kebutuhan.

Mengingat jawaban atas sebuah pertanyaan meningkatkan pembelajaran, seperti halnya menuliskan jawaban itu.

Anda mungkin merasa terbantu untuk membuat kartu flash setiap kali Anda mempelajari topik baru. Kartu flash dapat memiliki pertanyaan atau memiliki prompt yang memicu penarikan kembali informasi yang relevan.

Mintalah orang tua, saudara kandung, teman, atau teman belajar untuk menanyai Anda, menggunakan kartu flash Anda. Tindakan menciptakannya sendiri akan membantu Anda menyimpan informasi dengan lebih baik dan merupakan teknik belajar yang efektif.

  1. Temukan teman belajar atau bergabunglah dengan kelompok belajar
    Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah berbagi pengalaman dengan orang lain.

Menemukan teman belajar dapat bermanfaat-atau bahkan membentuk kelompok belajar dengan siswa yang berpikiran sama. Anda mungkin sudah memiliki ini jika Anda berasal dari kelas sekolah menengah di mana Anda semua saling mengenal dengan baik, tetapi uni bisa menjadi lebih rumit.

Teman/kelompok belajar Anda dapat:

membuat Anda tetap termotivasi
membantu Anda tetap bertanggung jawab
kuis dan uji Anda pada materi kursus
bacalah pekerjaan Anda, untuk menawarkan saran
berbagi sumber daya, seperti buku pelajaran, menurunkan pengeluaran.